I.
Judul Proposal:
Tingkat Kelengkapan Penggunaan Atribut Seragam Sekolah pada Siswa SMA Negeri 8 Purworejo.
II.
Latar Belakang Masalah:
Kewajiban mengenakan seragam
telah menjadi bagian dari tata tertib SMA Negeri 8 Purworejo dan dilaksanakan
secara ketat, mulai dari ketentuan bentuk, bahan, bahkan atribut yang
dikenakan. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45
Tahun 2014 atribut adalah kelengkapan pakaian seragam nasional yang menunjukkan
identitas masing-masing sekolah.
Penerapan disiplin berseragam yang ketat, kerap kali
memakan korban bagi siswa yang melanggarnya, mulai dari teguran lisan sampai
dengan tindakan fisik. Ketentuan mengenakan atribut yang lengkap ini keberadaannya
selalu mengundang pro dan kontra. Berdasarkan kenyataan tersebut, peneliti
tertarik untuk meneliti tingkat kelengkapan penggunaan atribut seragam sekolah
pada siswa SMA Negeri 8 Purworejo.
III.
Rumusan Masalah:
Bagaimana tingkat kelengkapan penggunaan atribut
seragam sekolah pada siswa SMA Negeri 8 Purworejo?
IV.
Tujuan Penelitian:
Untuk
mengetahui tingkat kelengkapan penggunaan atribut seragam sekolah pada siswa
SMA Negeri 8 Purworejo.
V.
Manfaat Penelitian
Dengan adanya penelitian ini diharapkan baik siswa maupun
seluruh warga SMA Negeri 8 Purworejo lebih tertib dalam menggunakan atribut.
Selain itu, juga menambah wawasan pembaca tentang pentingnya mengenakan atribut.
VI.
Tinjauan Pustaka
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
tanda adalah yang menyatakan sesuatu; gejala; bukti; pengenal; lambang;
petunjuk. Simbol adalah lambang. Atribut adalah tanda kelengkapan; sifat yang
menjadi ciri khas; lambang; penjelas.
Dari
pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa seragam sekolah beserta atribut yang
dipakai oleh para pelajar, termasuk tanda, simbol, atau lambang. Oleh karena
itu seragam beserta atributnya menjadi bermakna bagi pelajar dan lembaga
sekolah.
VII.
Metode Penelitian
a. Subjek Penelitian:
Peneliti
melakukan penelitian terhadap siswa
SMA Negeri 8 Purworejo khususnya
kelas XI MIPA 1.
b. Setting Penelitian:
Peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri 8
Purworejo, kelas XI MIPA, khususnya XI MIPA 1. Adapun waktu penelitian dimulai
dari 12 -17 Februari 2019.
c. Teknik Pemerolehan Data:
Untuk
memperoleh data, peneliti menggunakan teknik observasi. Teknik observasi adalah
melakukan pengamatan langsung terhadap subjek yang menjadi objek penelitian.
Untuk pencatatan data, peneliti menggunakan tabel pengamatan sebagai berikut.
No
|
Nama
|
Aspek Yang Diamati
|
||||
Dasi
|
Abita
|
Ikat Pinggang
|
Pangkat
|
Identitas Sekolah
|
||
d. Tenik Analisis Data:
Setelah memperoleh data, peneliti
menganalisis data dengan menggunakan teknik deskriptif. Teknik deskriptif
adalah teknik pengambaran subjek atau objek dalam penelitian berdasarkan
fakta-fakta.
VIII.
Daftar Pustaka
Istiqomah,
dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Solo:
Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Priyanti, dkk. Tanpa
Tahun. Modul Pembelajaran Bahasa
Indonesia. Jawa Tengah: Viva Pakarindo.
Setiadi,
dkk. 2017. “Pendidikan Karakter Disiplin”.
Jawa Tengah: FKIP UMP.HTTP://WWW.EUREKAPENDIDIKAN.COM/2015/10/SERAGAM-SEKOLAH-PERMENDIKBUD-NOMOR-45.HTML?M=1.
Diakses pada Senin, 19 Februari 2018 pukul 13.20 WIB.
Nama
Kelompok:
1. Nawirul Wanadati (22)
2. Nova Setiaji (23)
3. Nuri Hidayati (24)
Kelas:
XI MIPA 1
Watch a Video Game in this Free 90s Video Game - Videodl.cc
ReplyDeleteFind out more about the Video Game for the Sega Mega Drive, TV, TV, Game Gear, PC, youtube mp4 PlayStation, Xbox, PlayStation 2, TV, TV, TV, PC,
Evolution Gaming is back with a bang with a bang!
ReplyDeleteEvolution Gaming and SEGA are officially 스크릴 ready 네이버 룰렛 to bring the live casino sbobet experience to the mainstream via the launch of live dealer games, Oct 14, 에그벳 2020 · Uploaded by Evolution 검증 사이트 Gaming
The Casino With the Best Software for US Players: The - DrMCD
ReplyDeleteBest Casino Software for US Players: The 전라북도 출장마사지 Casino With the Best Software for US 토토사이트 Players: 안동 출장마사지 The Casino 의왕 출장안마 With the 김해 출장샵 Best Software for US Players: The Casino With the Best